KELURAHAN NOBOREJO TINGKATKAN PARTISIPASI SENSUS ONLINE BERSAMAAN PELAYANAN MASYARAKAT

Masyarakat Noborejo antusias dalam melaksanakan sensus online di Kantor Kelurahan Noborejo

NOBOREJO – Kelurahan Noborejo mengalami kenaikan yang sangat signifikan terkait capaian partisipasi masyarakat dalam kegiatan sensus online. Sebagaimana jadwal yang sudah ditentukan, sensus online berakhir tanggal 31 Maret 2020, tetapi dengan adanya pandemi corona ini dilakukan perpanjangan pelaksanaannya sampai dengan 29 Mei 2020. Berdasarkan laporan BPS Kota Salatiga, Tingkat partisipasi masyarakat Kelurahan Noborejo sangat rendah yaitu di angka 17% atau peringkat 22 dari 23 kelurahan di Kota Salatiga sampai dengan tanggal 12 Mei 2020.

Lurah Noborejo Dyah Karunia Alfatien, S.STP. mengambil kebijakan melaksanakan sensus online bersamaan pelayanan masyarakat serta menyiapkan komputer yang bisa digunakan masyarakat di Kantor Kelurahan Noborejo. Kami selalu melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat melalui grup whatshap yang ada di Kelurahan Noborejo. Selain itu, setiap ASN Kelurahan Noborejo kami siapkan untuk membantu masyarakat yang akan melaksanakan sensus online ini. “Masyarakat yang memohon pelayanan di Kelurahan langsung kami tanya terkait hal ini, sehingga apabila belum melaksanakan sensus maka akan langsung kami bantu. “ pungkasnya.

Sekretaris Noborejo Widhi Cahyo Prasetyo, SH. mengatakan bahwa koneksi jaringan internet di wilayah Kelurahan Noborejo memang kurang bagus, sehingga seringkali saat masyarakat melakukan sensus online ini selalu putus koneksi sebelum pengisian berakhir. Tak pernah bosan kami lakukan sosialisasi ke masyarakat untuk mendukung kegiatan nasional ini. Bahkan ada Ketua RT yang membawa fotocopy Kartu Keluarga menghimpun data seluruh warga masyarakatnya untuk dilakukan sensus online di Kantor Kelurahan Noborejo. “Alhamdulillah, kita bisa dongkrak pencapaian partisipasi masyarakat mencapai 59,20% dan langsung naik diperingkat 2 setelah Kelurahan Kauman Kidul, kami berharap sampai batas akhir nanti bisa menyentuh angka 65%.” tambahnya.

Susi Ernasari perwakilan dari BPS Kota Salatiga yang berkesempatan hadir di Kantor Kelurahan Noborejo melihat secara langsung antrian masyarakat yang akan melaksanakan sensus online ini. “Atas nama Kepala Kantor BPS Kota Salatiga kami mengucapkan terima kasih kepada Lurah Noborejo beserta jajarannya yang telah gigih membatu kami sehingga tingkat partisipasi masyarakat Noborejo naik sangat signifikan.” “Kepada masyarakat yang belum melaksanakan masih ada waktu sampai tanggal 29 Mei ini semoga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.” pungkasnya.

noborejo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *