MELESTARIKAN TRADISI LELUHUR, MASYARAKAT DUSUN PAMOT NOBOREJO MELAKSANAKAN KEGIATAN SYAWALAN

NOBOREJO – Masyarakat Dusun Pamot Kelurahan Noborejo dalam rangka melestarikan budaya leluhur melaksanakan kegiatan Syawalan yang berlokasi di sepanjang jalan Melati pada hari Kamis (20/5).

Hadir dalam kegiatan tersebut  Lurah Noborejo yang didampingi Sekretaris Kelurahan dan Kasi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum, segenap tokoh masyarakat, tokoh agama dan  warga masyarakat Dukuh Pamot.

Damsuki selaku tokoh masyarakat Dusun Pamot menyatakan bahwa kegiatan Syawalan ini dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur masyarakat setelah sebulan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Selain itu, kegiatan ini bertujuan melestarikan leluhur yang telah dilaksanakan rutin setiap tahun secara turun temurun. “Kami berharap acara ini menjadi sarana silaturahmi / halal bihalal antar warga masyarakat khususnya di wilayah Dusun Pamot.” pungkasnya.

Hikmah halal bihalal yang disampaikan ustad Misbahudin menitik beratkan pada orang yang merugi adalah orang yang telah melaksanakan sholat, puasa, dan ibadah lainnya tetapi masih ada kesalahan terhadap sesama. Untuk itu, dalam kesempatan ini dapat dijadikan sarana saling meminta maaf diantara warga masyarakat khususnya di wilayah Pamot.

Lurah Noborejo Dyah Karunia Alfatien, S.STP. dalam sambutannya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H, mohon maaf apabila dalam memberikan pelayanan masyarakat terdapat kekurangan. Kegiatan semacam ini sudah jarang ditemui diwilayah lain, kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilestarikan. Kami sampaikan terima kasih kepada segenap Satgas Jogo Tonggo yang selalu menyampaian perkembangan informasi warga pemudik sebagai antisipasi penyebaran covid-19. “Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19, kami berharap masyarakat mendukung program vaksinasi yang sedang dilaksanakan Pemerintah, tidak perlu takut karena vaksin sudah dilakukan uji terlebih dahulu sebelum diberikan kepada masyarakat.” imbuhnya.

noborejo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *