GEOGRAFIS

Kelurahan Noborejo merupakan salah satu kelurahan dari 6 (enam) kelurahan yang ada di bawah Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga.  Secara geografis, Kelurahan Noborejo berbatasan dengan beberapa kelurahan yang berada di wilayah Kota Salatiga serta beberapa desa yang berada di wilayah Kabupaten Semarang.  Secara terperinci batas wilayah administrasi Kelurahan Noborejo adalah sebagai berikut :

  • Sebelah Utara :  Kelurahan Cebongan
  • Sebelah Barat :  Kelurahan Randuacir
  • Sebelah Selatan :  Desa Butuh dan Desa Patemon
  • Sebelah Tmur :  Desa Bener

Kelurahan Noborejo merupakan daerah bebas banjir karena terletak jauh dari sungai maupun rawa-rawa.  Jarak tempuh yang diperlukan untuk mencapai kota kecamatan maupun pusat pemerintahan kota relatif dekat.  Waktu yang diperlukan untuk mencapai pusat kecamatan dengan jarak sekitar 4 km adalah 10 menit, sedangkan untuk mencapai pusat pemerintahan Kota Salatiga yang berjarak sekitar 7 km diperlukan waktu 20 menit dengan menggunakan sarana sepeda motor dan atau mobil.

Kelurahan Noborejo sebelumnya merupakan salah satu desa yang masuk dalam Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang yang kemudian berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1992, tentang  Perubahan Batas Wilayah Kotamadya Daerah Tingkat II Salatiga dan Kabupaten Daerah Tingkat II Semarang, resmi menjadi wilayah pemekaran bagi Kota Salatiga.  Adapun status sebagai kelurahan, resmi diperoleh berdasarkan Perda Kota Salatiga Nomor  11 Tahun 2003 tentang Perubahan Desa menjadi Kelurahan, yang pada dasarnya merupakan implementasi dari Peraturan Pemerintah Nomor 62 Tahun 1992 tersebut.